yuk-berkemah-di-tepi-danau-beratan
140x140

Senin, 06/06/2011 09:20 WIB
Jalan-Jalan
Yuk, Berkemah di Tepi Danau Beratan

Sumber Photo : Gde Suardana

Berwisata ke Bedugul tak hanya cukup dengan berkeliling di Kebun Raya dan Danau Beratan. Berkemah di tepi Ulundanu (Danau) Beratan menjadi pengalaman yang menarik untuk dicoba.

Kabut tipis merayap pelan di atas perbukitan Puncak Mangu. Gumpalan kabut lainnya menyelimuti Danau Beratan. Sinar matarai bersinar terik menyapa kawasan sejuk Desa Candi Kuning, Bedugul, Baturiti, Tabanan.

Suasana pagi itu jarang ditemui jika berkunjung ke Bedugul siang hari. Udara sejuk dan segar pagi hari hanya bisa dinikmati jika kita berada di kawasan ini sejak pagi hari.

Untuk bisa menghirup udara segar bebas polusi, Anda bisa berkemah di kawasan ini. Lokasinya, persis di tepi Danau Beratan. 'Dikubu Strawberry' adalah salah satu tempat yang menyediakan lahannya di tepi danau untuk berkemah.

Dikubu letaknya, sekitar 200 meter sebelah utara Pura Ulundanu Beratan. Tempat ini memiliki lahan seluas 1,2 hektar yang dipenuhi dengan ladang stroberi, cabai, tanaman sayur mayur seperti wortel dan sayur hijau.

Di sisi timur, sebuah pondok kecil yang terbuat dari kayu dan triplek lengkap dengan kafe dan dapur kecil. Di sudut lainnya, tersedia toilet kecil yang terawat dengan bersih.

Pemilik Dikubu Made Sutrisna mengatakan telah menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang wisatawan yang berkemah di tepi Danau Beratan. "Wisatawan bisa menggunakan dapur lengkap dengan alat memasak," kata Sutrisna.

Untuk berkemah, Dikubu memiliki tiga buah tenda knock down dengan kapasitas empat orang. Harga sewa Rp 50 ribu per tenda untuk satu malam. "Kami hanya menyewakan tenda untuk bermalam," kata Sutrisna.

Selama berkemah, wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas seperti memancing ikan di tepi Danau Beratan. Wisatawan bisa jalan-jalan menyusuri tepi danau yang terhubung dengan Pura Ulundanu Beratan yang tersohor. Bersepeda di kawasan Bedugul atau memetik stroberi di kebun Dikubu.

"Wisatawan bisa menikmati alam sepuasnya. Sedangkan untuk memetik stroberi dan sayur mayur dikenakan biaya," kata Sutrisna.

Harga stroberi Dikubu sama dengan harga yang ditawarkan para penjaja di sepanjang jalan Bedugul. Memetik strobesi sebanyak satu kilogram dihargai Rp 30 ribu. Cabe sebanyak 1 kilogram Rp 30 ribu, wortel setiap satu kilogram Rp 7 ribu, dan sayur hijau Rp 5 ribu per kilogram.

Jika Anda berlibur ke Bedugul, luangkan waktu untuk berkemah. Hmm...senangnya menghirup udara segar Bedugul di pagi hari!

Lokasi
Dikubu Strawberry
Bedugul, Tabanan

Akses
Bandara Ngurah Rai - Dikubu 80 kilometer
ditempuh 1,5 jam perjalanan


Oleh : Gde Suardana

Kirim Komentar Anda

Berita Terkait

Visitor

2985567
Pengunjung hari ini : 115
Total pengunjung : 224751
Hits hari ini : 1535
Total Hits : 2985567
Pengunjung Online: 5

Kanal Lainnya